Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

5 Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Error

Advertisement

Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Error – Lagi-lagi masalah pada smartphone Android yang merupakan hal paling menyedihkan. Padahal sudah tahu bahwa Android termasuk ponsel dengan mode utama berupa layar sebagai sentuhan. Secara otomatis layar tersebut akan selalu terkena oleh jari-jemari tangan anda. Bahkan lebih parahnya lagi layar Android kerap terbetur oleh benda keras sehingga berakibat adanya goresan.

layar sentuh android error

Sebenarnya banyak cara untuk mengantisipasi agar layar di perangkat ponsel anda tetap awet. Pasalnya jika layar anda mengalami masalah dimana tidak mau bergerak saat diusap, maka mampu berpengaruh pada kerusakan kinerja ponsel itu sendiri. Tentu saja anda tak ingin smartphone kesayangan anda terjadi gangguan tertentu. Maka ada baiknya ikuti 5 cara ini untuk menghalau layar sentuh Android saat error.

5 Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Error

1. Lakukan Pengecekan Perangkat Android
Adapun hal pertama dan utama dalam mengatasi masalah layar sentuh error pada smartphone Android adalah dengan melakukan pengecekan ponsel. Sebaiknya periksa perangkat ponsel baik dari segi hardware maupun software. Kemudian, barulah anda mengecek apakah layar sentuh ponsel anda pecah ataukah tidak. Jika memang pecah maka segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Merestart Smartphone
Untuk cara yang kedua ialah merestart ponsel pintar anda di touchscreen tersebut. Melakukan restart pada setiap sistem operasi tentu berbeda antara OS Android dengan ponsel berbasis iOS maupun windows phone. Namun untuk Android sangatlah mudah yaitu anda hanya perlu menahan tombol power. Setelah itu, pilih opsi berupa Restart dan tekan OK untuk mengkonfirmasi. Maka dengan sendirinya smartphone akan mati dan kemudian hidup kembali.

3. Membersihkan RAM
Sebetulnya, apa sih penyebab dari layar sentuh macet? Alasanya hanyalah ruang kapasitas RAM yang terlalu sesak. Dengan begitu, sistem kinerja dari ponsel Android akan mengalami penurunan secara drastis. Alangkah baiknya jika anda senantiasa membersihkan RAM agar terhindar dari virus. Sehingga aplikasi mampu berjalan mulus seperti normalnya. Sebagai antisipasi pasanglah aplikasi anti virus pada ponsel anda.

4. Memakai Kalibrasi
Pada dasarnya kalibrasi berfungsi sebagai penyesuaian layar ponsel dengan sentuhan jari-jari anda. Untuk mengecek kalibrasi ini ialah masuk ke pengaturan telepon dan di situlah anda akan menemukan pengaturan kalibrasi. Pilihlah menu kalibrasi dan tunggu hingga layar berubah blank putih. Barulah setelah beberapa saat layar akan memunculkan tulisan “klik salah satu layar untuk melakukan kalibrasi”. Sebaiknya klik di titik kalibrasi dan akan tampil petunjuk untuk menyentuh layar, lalu ikutilah prosedur urut hingga kalibrasi selesai.

5. Menghapus Aplikasi yang tidak Penting
Terakhir yang harus anda lakukan yaitu menghapus aplikasi tertentu, dimana sudah dirasa tidak berguna lagi bagi Android. Meskipun aplikasi tersebut masih terlihat menarik dan unik utuk dikoleksi pada ponsel. Namun jika aplikasi yang tersemat ternyata hanyalah sebagai spam, lantas buat apa anda menyimpannya. Sebaiknya anda membatasi jumlah aplikasi yang diistall di ponsel. Pasalnya semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka akan berakibat pada errornya sebuah smartphone.

Baca Juga:

Mungkin cukup 5 cara untuk mengatasi layar sentuh Android lemot dan semoga bisa bermanfaat bagi pengguna smartphone. Sekian dan terima kasih.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Error

1 komentar:

  1. Saya juga sering melakukan kalibrasi secara teratur minimal 1 minggu sekali untuk memastikan bahwa layar android yang saya punya masih layak pakai atau setidaknya harus di ganti :)

    ReplyDelete

Tolong Tinggalkan Jejak Anda Untuk Memudahkan Proses Blogwalking.