Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

Cara Merawat Baterai HP Tanam Non Removable Agar Awet

Advertisement
Cara Merawat Baterai HP Tanam Non Removable Agar Awet - Produsen smartphone kian semakin berinovasi saja. Untuk memenuhi kebutuhan para user yang semakin ketergantungan terhadap ponsel genggam membuat para vendor berlomba lomba menjejalkan fitur-fitur terbaru pada smartphone besutannya agar mempermudah para penggunanya. Tidak terkecuali pada baterai, kini smartphone keluaran terbaru memiliki kapasitas daya baterai yang tinggi sehingga bisa diguanakan seharian dalam satu kali charger/cash.

Tetapi smartphone keluaran terbaru sekarang baik besutan Xiaomi, Samsung, Asus, Oppo serta Lenovo kebanyakan menggunakan tipe baterai tanam/non removable atau dengan kata lain tidak bisa dilepas dari smartphone. Sebenarnya baik baterai tanam maupun baterai yang bisa di lepas, sama-sama memiliki resiko kebocoran. Namun perbedaan antara baterai tanam dan baterai yang bisa di lepas adalah pada plastik pembungkus, pada baterai tanam menggunakan bahan plastik yang lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan metal pada baterai yang bisa di lepas. Walapun di lapisi dengan bahan plastik yang kuat, tentu saja resiko kebocoran baterai mungkin saja bisa terjadi.

baterai tanam non removable


Oleh karena itu, saya akan mengulas beberapa tips untuk merawat baterai non removable agar bisa awet tidak mudah bocor. Biasanya ciri-ciri baterai yang sudah bocor adalah pada fisiknya yang kembung, hal ini di sebabkan oleh gas yang dihasilkan dari proses oksidasi elektrokimia pada elektrolit baterai. Nah, jika baterai tanam pada smartphone anda kembung atau rusak, apakah bisa di ganti? Tentu saja bisa, tetapi harus di ganti sekalian sama ponselnya ^_^. Maka dari itu anda yang memiliki ponsel dengan baterai tanam harus pandai-pandai merawat agar tidak terjadi kebocoran.

Baca Juga: Fitur Fitur Yang Menghabiskan Baterai Smartphone Android

Cara Merawat Baterai HP Tanam Non Removable Agar Awet

1. Gunakan Charger Yang sesuai Standar Baterai
Perawatan pertama pada ponsel baterai tanam adalah agar selalu menggunakan charger bawaan (original). Karena setiap charger memiliki daya output yang berbeda. Hal ini tergantung dari kapasitas baterai anda. Jika anda sering mengguanakan Power Bank, sebaiknya selingi untuk mengisi daya baterai dengan charger aslinya.


2. Perhatikan Temperatur Ponsel
Temperatur pada ponsel harus stabil, tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi. Jika ponsel anda sudah terasa panas, sebaiknya istirahatkan dulu sejenak ponsel anda, jangan di paksakan. Selain itu, anda juga harus memperhatikan cara menyimpan ponsel, karena temperatur tinggi juga bisa di sebabkan oleh meletakan ponsel di atas mesin mobil, TV yang menyala atau terkena sinar matahari terlalu lama.

3. Jangan Charger sambil Bermain Game 
Untuk para gamers mungkin sering melakukan hal ini. Bermain game sambil charger bisa menyebabkan ponsel anda overheating sehingga bisa menyebabkan kebocoran pada baterai. 

4. Hindari Over-Charger
Jangan terlalu lama men-charger, walaupun ponsel sudah memiliki teknologi pemutus arus ketika daya baterai sudah terisi penuh, tetap saja jika anda mengnyambungkan charger terlalu lama pada ponsel tidak baik untuk umur baterai anda.

5. Jangan Sampai Baterai Kehabisan Daya
Kehabisan daya baterai sering terjadi ketika dalam perjalanan. Jika baterai ponsel anda sering kebahisan daya sampai ponsel mati, hal ini bisa memperpendek usia baterai anda. Sebaiknya anda perhatikan, jika daya baterai tinggal 5% sebaiknya matikan saja ponselnya.


Nah, itu tadi 5 cara merawat baterai HP tanam (non removable) agar awet. Sebenarnya cara di atas tidak hanya untuk model baterai tanam saja, tetapi bisa juga diaplikasikan pada baterai yang bisa dilepas. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Baterai HP Tanam Non Removable Agar Awet

0 komentar:

Post a Comment

Sebelum berkomentar baca dulu dibawah ini:

Komentar di Blog ini sepenuhnya di Moderasi oleh Admin, jadi komentar yang masuk akan di saring terlebih dahulu / tidak langsung publish.

1. Komentar yang mengandung SPAM, promosi, referral tidak akan di publikasi.

2. Baca Artikel sampai selesai sebelum berkomentar.

3. Pastikan kalian men-ceklis Notify Me agar jika komentar kalian mendapatkan balasan, akan di beri tahu melalui email.