Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

WORK 100% Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Smartphone Android

Advertisement
Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Smartphone Android - Sekarang ini banyak sekali pengguna smartphone berbasis android, namun pernahkah anda mengalami saat sedang menjalankan suatu aplikasi, smartphone kalian menjadi terasa lebih berat tidak seperri biasanya, jika anda mengalami masalah seperti itu kalian harus memperthatikan kapasitas RAM yang digunakan smartphone android, karena RAM merupakan hal yang sangat penting dalam mengoperasi suatu aplikasi pada smartphone. Jika RAM yang ada pada android kalian kurang besar hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab yang menyebabkan smartphone android yang kalian gunakan menjadi lebih berat.

Sekarang ini banyak produsen smartphone yang telah mengeluarkan produk ponsel terbaru yang memiliki kapasitas RAM 2GB, namun bagaimana untuk anda yang masih menggunakan ponsel yang memiliki kapasitas RAM 1GB? sekarang anda tidak perlu khawatir karena pada kesemaptan kalil ini kami akan mengulas beberapa cara untuk menambah kapasitas RAM yang ada pada smartphone kalian. Widget atau semacamnya yang ada pada smartphone juga bisa menyebabkan kapasitas RAM menjadi berkurang alias terpakai. jadi untuk menjalankan aplikasi yang berat, tentunya kalian membutuhkan RAM yang sangat besar juga.

cara menambah ram pada android

Cara Menambah Kapasitas RAM Dengan Mudah WORK 100%

Sekarang ini teknologi sudah berkembang, begitu pula dengan teknologi, dan sekarang ini kalian bisa menambah kapasitas RAM pada smartphone berbasis android dengan menggunakan beberapa aplikasi dibawah ini.

Aplikasi Swapper

Untuk melakukan penambahan kapasitas RAM android, ada beberapa tahap yang perlu kalian lakukan. Untuk tahap yang pertama, kalian harus menginstal satu aplikasi bernama "Swapper", aplikasi ini berfungsi untuk menambahkan virutal memori, memori yang dihasilkan dari aplikasi ini akan menjadi membantu kinerja RAM yang ada di smartphone android kalian. 

Sebelum menambahkan kapasitas ram pada smartphone android kalian harus terlebih dahulu mendownload aplikasi swapper dan instal pada android yang ingin ditambah ram-nya. Setelah itu jalankan aplikasi tersebut dan lakukan konfirgurasi sebagai berikut.
  • Buka aplikasinya dan pilih Active Swap on Boot.
  • Saat berada pada bagian Swap File Position, pilihlah SD Card FAT Partition.
  • Saat dibagian Swap File Size, masukkan angka yang ingin kalian gunakan sebagai virtual memori, seperti contoh 1000MB sama dengan 1GB.
  • Setelah itu impan pengaturan ini.
menambah ram android dengan aplikasi swapper


Aplikasi SD Boster

Aplikasi untuk menambahkan kapasitas RAM yang kedua adalah dengan menggunakan SD Booster. Aplikasi ini berungsi untuk meningkatkan kecepatan SD Crad (memori card) untuk membaca atau menuliskan data. Aplikasi ini bisa dijalankan di semua jenis memori card dan berjalan dengan otomatis. dengan menggunakan aplikasi ini tiak hanya akan meningkatkan kemampuan memori internal card namun juga meningkatkan kemampuan ekternal card.

Dengan meninstal aplikasi ini dan melakukan konfigurasi sedikit kalian bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus serta mampu memainkan game yang berukuran berat serta anda mampu menata file dengan lebih cepat. Beriktu ini konfigurasi yang perlu kalian lakukan tapi sebelumnya kalian download aplikasi ini dan instal pada smartphone yang ingin ditambah kapasitas RAM-nya.
  • Buka aplikasinya dan isikan angka pada kolom Cahce Size sesuai keinginnan kalian seperti contohnya 2048, Nilai cache yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048. Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) menunjukkan nilai cache yang sedang digunakan saat ini.
  • Jika sudah aktifkan pilih Set On Boot, fungsinya agar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat Anda mengalami restart.
menambah ram android dengan aplikasi sd boster



File Juwe RAM Script

Untuk cara yang terakhir anda bisa menambahkan File Juwe RAM Script, file ini berfungsi untuk mengatur kapasitas RAM. Tapi aplikasi ini sangat sulit untuk digunakan karena harus memasukan File Juwe RAM Script, untuk kalian yang ingin menambah kapasitas ram android, cara ini merupakan cara alternatif untuk menambah kapasitas ram di smartphone. Caranya memasukan File Juwe RAM Script cukup sulit namun tidak ada salahnya jika kami jelaskan terlebih dahulu, sebelumnya kalian harus mendownload aplikasi RAM Manager Pro, aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan File Juwe RAM Script namun saja RAM manager pro memiliki user interface dan pengaturan yang lebih lengkap ika dibandingkan dengan File Juwe RAM Script.

Jika kalian sudah menentukan ingin menggunakan aplikasi File Juwe RAM Script atau RAM Manager Pro dan kalian ingin menggunakan File Juwe RAM Script maka ikutilah langkah berikut ini untuk memasukan File Juwe RAM Script sebagagai langkah terakhir untuk cara menambahkan RAM pada smartphone berbasis android.
  • Pertama-tama download file Juwe RAM Script.
  • Kemudian ekstrak file tersebut.
  • Pindahkan file ke dalam direktori init.D di folder System/etc.
  • Selanjutnya ubah setting permission menjadi rwxr-xr-x.
  • Terakhir lakukanlah langkah restart pada perangkat Anda.
  • Setelah langkah terakhir selesai dilakukan, seharusnya perangkat Anda bisa berjalan dengan lebih cepat. Anda bisa mengetesnya dengan memainkan game-game berat seperti game-game HD.
Yang belum tahu cara buat folder init.D bisa baca disini: Cara Mudah Mengaktifkan Folder Init.d Pada Android


Itulah beberapa aplikasi untuk menambahkan RAM pada smartphone android kalian, selain aplikasi ini berfungsi untuk menambah kapasitas ram, aplikasi ini juga akan sangat bermanfaat untuk kinjerja smartphone android yang kalian miliki, Perlu kalian ingat untuk aplikasi yang tidak digunakan pada smartphone kalian sebaiknya di hapus agar smartphone androd lebih ringan.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : WORK 100% Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Smartphone Android

0 komentar:

Post a Comment

Sebelum berkomentar baca dulu dibawah ini:

Komentar di Blog ini sepenuhnya di Moderasi oleh Admin, jadi komentar yang masuk akan di saring terlebih dahulu / tidak langsung publish.

1. Komentar yang mengandung SPAM, promosi, referral tidak akan di publikasi.

2. Baca Artikel sampai selesai sebelum berkomentar.

3. Pastikan kalian men-ceklis Notify Me agar jika komentar kalian mendapatkan balasan, akan di beri tahu melalui email.